Cek Ciri Anak Anda Siap Masuk Sekolah

Cek Ciri Anak Anda Siap Masuk Sekolah

Pendidikan bagi anak menjadi salah satu hal krusial bagi tumbuh kembangnya. Rata-rata anak sudah dapat didaftarkan masuk ke sekolah PAUD atau preschool seperti Highscope Preschool in Kelapa Gading di usia 2 hingga 3 tahun lho. Namun nyatanya umur bukanlah patokan utama, karena kesiapan anak menjalani rutinitas sekolah juga harus diperhatikan, lho Bunda. Yuk, kenali ciri-ciri anak yang memang sudah siap untuk masuk sekolah, simak sebagai berikut ya.

1. Sudah dapat mengenal panca indera
Salah satu bentuk kesiapan anak dalam menghadapi rutinitas sekolah yaitu sudah mengenal panca indera yang dia miliki, lebih baik lagi jika dia sudah bisa menggunakannya dengan lancar. Tentu saja hal ini bertujuan supaya sang buah hati tidak mengalami kesulitan dalam kehidupannya di sekolah nanti. Dari mulai mendengar perkataan guru atau teman-temannya, melihat dan mengenal sekelilingnya, hingga meraba dan bermain bersama guru dan teman-teman di sekolah. Selain itu, akan lebih baik jika hal ini juga dibarengi dengan mengasah kemampuan kognitif dan motorik untuk tumbuh kembang anak selama masa rutinitas sekolahnya juga.

2. Bisa aktif dan terampil bergerak
Bisa aktif dan terampil bergerak bukanlah sebuah keharusan. Namun kehidupan sang buah hati di lingkungan sekolahnya akan sangat terbantu jika nantinya dia bisa ikut aktif bermain atau berinteraksi dengan guru serta teman-teman sebayanya. Jika dia memiliki keterampilan yang baik, itu juga akan memudahkan kehidupan sosialnya sebagai sarana untuk berteman dengan teman-teman barunya. Hal ini dikarenakan anak yang terlihat lebih aktif biasanya juga lebih mudah bergaul dan mencari teman di lingkungan barunya.

3. Mampu berinteraksi dengan baik
Kecakapan berbicara atau berinteraksi dengan baik juga menjadi salah satu faktor penting bagi sang anak ketika menjalani rutinitas sekolah atau preschool. Jika dia mampu berinteraksi dengan baik, hal ini akan berdampak baik baginya dalam kegiatan sosialisasinya bersama dengan teman-teman baru dan juga para pengajar di sekolahnya. Anak kita juga lebih cepat belajar tentang mana-mana saja kata yang tidak boleh diucapkan ketika sedang bertamu atau berbicara kepada orang yang lebih tua.
Sejatinya, kesiapan bagi sang buah hati dalam menjalani rutinitas sekolah tidak bisa dianggap remeh. Perlu ada kesiapan mental serta fisik yang baik bagi buah hati kita ketika nantinya dia bersekolah atau memulai pendidikannya. Tentu saja hal ini juga perlu dibarengi dengan kebutuhan pendidikan terbaik. Bagi para orang tua yang tinggal di DKI Jakarta, kalian bisa coba mendatangi Highscope Preschool in Kelapa Gading karena memiliki sistem belajar yang baik dan dapat mengasah kemampuan anak dalam menghadapi situasi yang genting, serta meningkatkan kemampuan anak dari segi motorik dan juga kognitif juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *