Sosok Idayati, Adik Jokowi yang Resmi Menikah dengan Anwar Usman, Pendiam dan Pemalu

Sosok Idayati, Adik Jokowi yang Resmi Menikah dengan Anwar Usman, Pendiam dan Pemalu

Adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, resmi menikah dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, Kamis (26/5/2022). Akad nikah keduanya digelar di Graha Saba Buana, Kota Solo, Jawa Tengah, dengan Jokowi menjadi wali. Anwar Usman menyiapkan jam tangan dan alat salat untuk mahar pernikahannya dengan Idayati.

"Saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya, Idayati binti Noto Mihardjo, menikah dengan engkau, dengan mas kawin berupa alat salat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," kata Jokowi, dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV. "Saya terima nikahnya dan jodonya Idayati binti Noto Mihardjo dengan mahar tersebut," jawab Anwar Usman. Dikutip dari Kompas.com , Idayati merupakan satu diantara tiga adik perempuan Jokowi.

Ia sudah menjanda sejak 2018 karena sang suami, Hari Mulyono, meninggal dunia akibat stroke. Hari diketahui mengembuskan napas terakhirnya saat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Mendiang suami Idayati ikut mengelola perusahaan milik Jokowi, PT Rakabu Sejahtera.

Ia juga pernah memimpin asosiasi perusahaan penghasil papan barecore atau yang dikenal Indonesian Barecore Association (IBCA). Idayati dan Hari memiliki dua anak, yaitu Septiara Silvani Putri dan Adityo Rimbo Galih Samudra. Putrinya yang bernama Septiara sudah menikah dengan Joko Priyambodo.

Di mata teman temannya, Idayati dikenal sebagai sosok yang pemalu dan pendiam. Hal ini disampaikan teman dekatnya, Ndaru Puspitarini. Idayati dan Ndaru merupakan teman semasa sekolah di SMAN 4 Kota Solo, angkatan 1985.

"Bu Idayati itu orangnya pemalu, pendiam, dan baik," kata Ndaru, dihubungi Kompas.com melalui telepon, pada Selasa (24/5/2022). Menurut Ndaru, Idayati perhatian pada temannya. Ia menilai adik Jokowi tersebut tak segan segan membantu teman temannya yang membutuhkan.

"Sama teman selalu care . Tidak pernah sombong dan suka bantu teman." "Apa yang dia bisa bantu dia bantu," ungkap dia. Soal pelajaran, lanjut Ndaru, Idayati selalu mengikutinya dengan baik di kelas.

Bahkan, Idayati bersama dengan teman temannya di kelas selalu mengadakan les privat dengan guru kelas. "Saya sama Bu Ida sama teman teman ada les privat ke guru kami matematika untuk menambah pelajaran," kenang dia. Ndaru mengungkap, pengalaman berkesan saat duduk di bangku SMA dengan Idayati adalah tidak pernah keluar ruangan meski sudah jam istirahat.

"Bu Ida tidak pernah keluar ruangan kelas. Masuk sekolah ya sudah di dalam. Kalau belum pulang sekolah beliau belum keluar," ucap Ndaru. Pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, digelar pada Kamis (26/5/2022) hari ini. Resepsi digelar di Graha Saba Buana, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

Mengutip , dua panggung sudah disiapkan di dalam gedung Graha Saba Buana. Panggung sebelah utara diisi alat band, sementara sebelah selatan berisikan alat musik gamelan. Menurut Wedding Organizer acara tersebut, Deni Wigung, konsep acara dibagi dua sesi, yakni proses akad dan resepsi.

"Ada juga live musiknya, dan ada juga bintang tamu Judika," katanya, Rabu (25/5/2022). Sementara itu, gamelan live akan dimainkan saat akad nikah. Diketahui, acara resepsi Anwar Usman dan Idayati akan mengusung konsep Jawa klasik.

Sosok yang dipercaya mendekorasi acara pernikahan Anwar Usman dan Idayati adalah Ranu Asmoro, pemilik Asmoro Dekorasi. Asmoro Dekorasi diketahui sudah menjadi langganan keluarga Jokowi. "Pakai Jawa klasik, konsep ini sarat nilai budaya adiluhung, sebagai sebuah ibadah batin manusia," kata dia kepada , Senin (23/5/2022).

Dekorasi untuk panggung berbentuk rumah limasan yang identik dengan Jawa Tengah. Lalu, di depan pintu masuk ada wayangan bergambar Kamajaya dan Kamaratih yang merupakan simbol keabadian dan kesetiaan. Lebih lanjut, Ranu mengungkapkan acara pernikahan Anwar Usman dan Idayati tak ada prasmanan atau piring terbang.

Namun, para tamu yang hadir akan mendapat hampers makanan yang dibawa pulang. Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Arba'in Basyir, mengungkapkan ada dua barang yang akan dijadikan mahar. Yakni perlengkapan alat salat dan jam tangan.

"Untuk maskawinnya Insya Allah seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan," jelasnya, dilansir . Arba'in mengaku tidak mengetahui merek jam tangan yang diberikan Anwar kepada Idayati. Begitu pula apakah mahar jam tangan itu merupakan permintaan Idayati atau bukan, ia juga kurang tahu.

"Mereknya nggak tahu, tulisannya seperti itu. Permintaan atau bukan saya juga kurang tahu," tuturnya. Idayati mempercayakan riasannya di hari spesial pada Hemmy Rahmania atau yang lebih dikenal Heras MUA. Mengutip , Heras mengatakan riasan yang akan dipakai Idayati bergaya simpel.

"Nanti riasannya simple modern natural. Jadi (pakai) jilbab segi empat biasa." "Pokoknya riasannya cuma flawless rapi, nggak pakai kayak riasan adat adat tradisional Solo atau apa," kata Heras MUA, Senin (23/5/2022). "Soalnya sepengalaman saya keluarga Pak Jokowi semua sukanya yang simple natural riasannya," tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.